PROMPT PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN YANG BAIK


Membuat prompt merupakan hal yang sangat penting yang akan mempengaruhi hasil yang didapatkan, Berikut adalah beberapa contoh rekomendasi prompt yang bisa digunakan untuk menyusun modul pembelajaran beserta deskripsi singkatnya. Setiap prompt bertujuan untuk menghasilkan produk modul ajar yang efektif dan berkualitas:

1. Analisis 

 1. Analisis Kebutuhan Pembelajaran

**Prompt:** "Identifikasi dan analisis kebutuhan pembelajaran siswa dalam bidang [topik tertentu]. Apa saja kesenjangan pengetahuan yang ada dan bagaimana modul ini dapat menjawab kebutuhan tersebut?"

 

**Deskripsi:** Dengan memahami kebutuhan siswa, modul pembelajaran dapat disusun untuk menjawab kesenjangan yang ada. Analisis ini membantu guru menciptakan konten yang relevan dan menarik bagi siswa, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran.

 

2. Penetapan Tujuan Pembelajaran

**Prompt:** "Tentukan tujuan pembelajaran yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan waktu tertentu (SMART) untuk modul ini. Apa hasil yang diharapkan setelah siswa menyelesaikan modul?"

 

**Deskripsi:** Tujuan pembelajaran yang jelas membantu dalam merencanakan setiap langkah dalam modul. Dengan tujuan yang SMART, siswa akan lebih mudah memahami apa yang diharapkan dari mereka dan dapat memotivasi mereka untuk mencapai hasil yang diinginkan.

 

3. Rancangan Struktur Modul

**Prompt:** "Buatlah kerangka struktur modul yang mencakup pengantar, konten utama, aktivitas pembelajaran, dan penilaian. Bagaimana setiap bagian berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran?"

 

**Deskripsi:** Struktur yang terencana dengan baik memungkinkan penyampaian informasi secara sistematis. Aktivitas dan penilaian terintegrasi secara logis untuk membantu siswa memahami materi secara mendalam dan mengevaluasi kemajuan mereka.

 

 4. Pengembangan Materi Pembelajaran

**Prompt:** "Kembangkan materi pembelajaran yang interaktif dan menarik, termasuk teks, grafik, video, dan contoh kasus. Apa saja elemen yang dapat menarik perhatian siswa dan mendukung pemahaman mereka?"

 

**Deskripsi:** Materi yang bervariasi dan interaktif membantu menjaga minat siswa dan membuat pembelajaran lebih menarik. Integrasi berbagai format media mendukung berbagai gaya belajar siswa, sehingga meningkatkan retensi informasi.

 

5. Desain Aktivitas dan Penilaian

**Prompt:** "Rancang aktivitas pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa dan penilaian formatif untuk mengukur pemahaman mereka. Bagaimana cara kegiatan ini dapat membantu siswa menerapkan ilmu yang didapat?"

 

**Deskripsi:** Aktivitas yang dirancang dengan baik tidak hanya membantu siswa terlibat, tetapi juga membangun keterampilan berpikir kritis mereka. Penilaian formatif memberikan umpan balik segera, memungkinkan siswa untuk melakukan perbaikan.

 

6. Evaluasi dan Umpan Balik

**Prompt:** "Tentukan cara untuk mengevaluasi efektivitas modul setelah diterapkan. Apa jenis umpan balik yang diharapkan dari siswa dan pendidik untuk perbaikan modul di masa mendatang?"

 

**Deskripsi:** Evaluasi pasca-pembelajaran penting untuk mengecek seberapa baik modul berfungsi dan mencapai tujuannya. Umpan balik dari siswa dan pendidik memberikan wawasan yang berharga untuk meningkatkan modul di masa depan.

 

7. Integrasi Teknologi

**Prompt:** "Pertimbangkan teknologi atau alat digital yang dapat diintegrasikan ke dalam modul ini untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Apa manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan teknologi tersebut?"

 

**Deskripsi:** Teknologi dapat memperkaya pengalaman belajar dan menawarkan metode baru untuk menyampaikan konten. Dengan mengintegrasikan alat digital, siswa dapat lebih terlibat dan mudah mengakses sumber daya tambahan.

 

Dengan menggunakan prompt-prompt ini, penyusun modul pembelajaran dapat menghasilkan produk yang terstruktur dengan baik, sesuai dengan kebutuhan siswa, dan menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan menyenangkan.


Berikut ini contoh kerangka sederhana untuk tulisan Anda tentang manfaat ChatGPT bagi guru dalam membantu kompetensi mengajar

Nama saya Trisna Mulyana, guru kelas di SLB Daya Ananda.

Tolong buatkan modul ajar sesuai kurikulum merdeka dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi untuk kelas 4 SDLB, pada mata pelajaran IPAS dengan tujuan pembelajaran “memahami cara memelihara kesehatan dalam kehidupan sehari-hari., di bagi dalam beberapa kali pertemuan dengan masing-masing pertemuan 2 Jam pelajaran (70 menit) dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Tolong buatkan kegiatan yang dapat melatih anak untuk aktif, kreatif, dan kolaboratif. adapun susunannya sebagai berikut: Kompetensi awal yang harus dimiliki siswa; Sarana dan Prasarana; Model Pembelajaran yang digunakan; Tujuan Pembelajaran (samakan dengan yang ada di perintah); Asesmen (buatkan soal asesmen awal, asesmen formatif, dan sumatif beserta instrumennya); Pemahaman bermakna; Materi/Bahan Ajar; Pertanyaan pematik; Kegiatan pembelajaran (langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran termasuk waktunya); Lembar kerja peserta didik (buatkan rubrik penilaian analitik untuk tugas diskusi dan presentasi siswa dengan tema di atas dengan skala likert); Glosarium; Daftar Pustaka


Prompt Gambar

gambar robot mini AI yang sedang membawa buku dengan Cover bertuliskan "SLB Daya Ananda" dan tulisan itu menghadap kamera"



Posting Komentar

emo-but-icon

TikTok

Follow us !

Youtube News

Trending

ChatNeno

Tayangan

You Tube

item