PROMPT PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN YANG BAIK
Membuat prompt merupakan hal yang sangat penting yang akan mempengaruhi hasil yang didapatkan, Berikut adalah beberapa contoh rekomendasi prompt yang bisa digunakan untuk menyusun modul pembelajaran beserta deskripsi singkatnya. Setiap prompt bertujuan untuk menghasilkan produk modul ajar yang efektif dan berkualitas:
1. Analisis
1. Analisis Kebutuhan Pembelajaran
**Prompt:** "Identifikasi
dan analisis kebutuhan pembelajaran siswa dalam bidang [topik tertentu]. Apa
saja kesenjangan pengetahuan yang ada dan bagaimana modul ini dapat menjawab
kebutuhan tersebut?"
**Deskripsi:** Dengan memahami
kebutuhan siswa, modul pembelajaran dapat disusun untuk menjawab kesenjangan
yang ada. Analisis ini membantu guru menciptakan konten yang relevan dan
menarik bagi siswa, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran.
2. Penetapan Tujuan Pembelajaran
**Prompt:** "Tentukan tujuan
pembelajaran yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan waktu tertentu
(SMART) untuk modul ini. Apa hasil yang diharapkan setelah siswa menyelesaikan
modul?"
**Deskripsi:** Tujuan
pembelajaran yang jelas membantu dalam merencanakan setiap langkah dalam modul.
Dengan tujuan yang SMART, siswa akan lebih mudah memahami apa yang diharapkan
dari mereka dan dapat memotivasi mereka untuk mencapai hasil yang diinginkan.
3. Rancangan Struktur Modul
**Prompt:** "Buatlah
kerangka struktur modul yang mencakup pengantar, konten utama, aktivitas
pembelajaran, dan penilaian. Bagaimana setiap bagian berkontribusi terhadap
pencapaian tujuan pembelajaran?"
**Deskripsi:** Struktur yang
terencana dengan baik memungkinkan penyampaian informasi secara sistematis.
Aktivitas dan penilaian terintegrasi secara logis untuk membantu siswa memahami
materi secara mendalam dan mengevaluasi kemajuan mereka.
4. Pengembangan Materi Pembelajaran
**Prompt:** "Kembangkan
materi pembelajaran yang interaktif dan menarik, termasuk teks, grafik, video,
dan contoh kasus. Apa saja elemen yang dapat menarik perhatian siswa dan
mendukung pemahaman mereka?"
**Deskripsi:** Materi yang
bervariasi dan interaktif membantu menjaga minat siswa dan membuat pembelajaran
lebih menarik. Integrasi berbagai format media mendukung berbagai gaya belajar
siswa, sehingga meningkatkan retensi informasi.
5. Desain Aktivitas dan Penilaian
**Prompt:** "Rancang
aktivitas pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa dan penilaian
formatif untuk mengukur pemahaman mereka. Bagaimana cara kegiatan ini dapat
membantu siswa menerapkan ilmu yang didapat?"
**Deskripsi:** Aktivitas yang
dirancang dengan baik tidak hanya membantu siswa terlibat, tetapi juga
membangun keterampilan berpikir kritis mereka. Penilaian formatif memberikan
umpan balik segera, memungkinkan siswa untuk melakukan perbaikan.
6. Evaluasi dan Umpan Balik
**Prompt:** "Tentukan cara
untuk mengevaluasi efektivitas modul setelah diterapkan. Apa jenis umpan balik
yang diharapkan dari siswa dan pendidik untuk perbaikan modul di masa
mendatang?"
**Deskripsi:** Evaluasi
pasca-pembelajaran penting untuk mengecek seberapa baik modul berfungsi dan
mencapai tujuannya. Umpan balik dari siswa dan pendidik memberikan wawasan yang
berharga untuk meningkatkan modul di masa depan.
7. Integrasi Teknologi
**Prompt:** "Pertimbangkan
teknologi atau alat digital yang dapat diintegrasikan ke dalam modul ini untuk
meningkatkan keterlibatan siswa. Apa manfaat yang bisa diperoleh dengan
menggunakan teknologi tersebut?"
**Deskripsi:** Teknologi dapat
memperkaya pengalaman belajar dan menawarkan metode baru untuk menyampaikan
konten. Dengan mengintegrasikan alat digital, siswa dapat lebih terlibat dan
mudah mengakses sumber daya tambahan.
Dengan menggunakan prompt-prompt
ini, penyusun modul pembelajaran dapat menghasilkan produk yang terstruktur
dengan baik, sesuai dengan kebutuhan siswa, dan menciptakan pengalaman belajar
yang efektif dan menyenangkan.
Berikut ini contoh kerangka sederhana untuk tulisan Anda tentang manfaat ChatGPT bagi guru dalam membantu kompetensi mengajar
Nama saya Trisna Mulyana, guru kelas di SLB Daya Ananda.
Tolong buatkan modul ajar sesuai kurikulum merdeka dengan pendekatan
pembelajaran berdiferensiasi untuk kelas 4 SDLB, pada mata pelajaran IPAS dengan
tujuan pembelajaran “memahami cara memelihara kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.”, di bagi dalam beberapa
kali pertemuan dengan masing-masing pertemuan 2 Jam pelajaran (70 menit) dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Tolong buatkan kegiatan
yang dapat melatih anak untuk aktif, kreatif, dan kolaboratif. adapun
susunannya sebagai berikut: Kompetensi awal yang harus dimiliki siswa; Sarana
dan Prasarana; Model Pembelajaran yang digunakan; Tujuan Pembelajaran (samakan
dengan yang ada di perintah); Asesmen (buatkan soal asesmen awal, asesmen
formatif, dan sumatif beserta instrumennya); Pemahaman bermakna; Materi/Bahan
Ajar; Pertanyaan pematik; Kegiatan pembelajaran (langkah-langkah pembelajaran
sesuai dengan model pembelajaran termasuk waktunya); Lembar kerja peserta didik
(buatkan rubrik penilaian analitik untuk tugas diskusi dan presentasi siswa
dengan tema di atas dengan skala likert); Glosarium; Daftar Pustaka
Prompt Gambar
gambar robot mini AI yang sedang membawa buku dengan Cover bertuliskan "SLB Daya Ananda" dan tulisan itu menghadap kamera"