MUSEUM YOGYAKARTA DALAM MPLS

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

Yogyakarta dikenal sebagai kota yang memiliki sejuta pesona, Yogyakarta punya segudang pesona wisata yang tak pernah habis dikupas. Salah satunya adalah wisata museum yang beraneka ragam. Tak hanya menampilkan barang-barang peninggalan bersejarah dari zaman dahulu, museum terbaik di Kota Pelajar juga turut menjadi arsip penting kebudayaan masyarakat setempat dan Indonesia secara keseluruhan

Adapun beberapa Museum di Yogyakarta diantaranya :

1.     Museum Keraton Yogyakarta



Museum ini ada di tengah kota Yogyakarta, dekat dengan Alun-alun Utara Yogyakarta. tepatnya berada di kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Museum ini terbagi menjadi 4 sub bagian museum, yakni
a.    Museum Sri Hamengku Buwono IX,
b.    Museum Kristal,
c.     Museum Batik, dan
d.    Museum pameran Lukisan dan Foto.
Di Museum Sri Hamengku Buwono IX, kamu bisa melihat sejumlah koleksi peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang terdiri dari foto-foto, piagam, medali, tanda jasa, surat keputusan presiden, koleksi mobil-mobilan, hingga berbagai peninggalan bersejarah lainnya.
 
Sementara itu di Museum Batik, kamu bisa melihat simpanan koleksi kain batik, patung, lukisan, topeng batik, dan peralatan membatik yang merupakan hibah dari trah Sri Sultan serta penguasa Batik di Yogyakarta.
Museum Kristal yang memiliki sejumlah kristal polos, guci, hiasan meja, kristal tempat buah, meja rias, dan koleksi berbagai benda lainnya.
Jam Buka Museum :
Senin – Kamis: Pukul 08.00 - 13.30 WIB
Khusus Hari Jumat : Pukul. 08.00 - 13.00 WIB
Libur pada upacara kebesaran Keraton
Tiket Masuk Museum Keraton : Tiket masuk Rp 5.000,-/orang

           Mau tahu detail museum Keraton Yogyakarta Yuk tekan Play video di bawah ini

           


 2. Museum Sonobudoyo


Museum Sonobudaya terletak di Jalan Trikora 6, tepatnya di Alun-alun Utara Yogyakarta, Museum Sonobudoyo menyimpan koleksi keris berbagai bentuk dari berbagai daerah.

Kurang lebih sebanyak 1.200 koleksi keris dapat dijumpai di Museum Sonobudoyo. Tak hanya itu, museum ini juga menyimpan berbagai koleksi mengenai budaya dan sejarah Jawa paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Selain keris, museum di Yogyakarta satu ini juga turut memamerkan keramik pada zaman Neolitik, patung perunggu dari abad ke-8, wayang kulit, dan topeng Jawa.

Museum Sonobudaya juga menampilkan pagelaran Wayang setiap hari Selasa hingga Minggu setiap malamnya.

Jam Buka Museum :

Selasa – Kamis, Akhir Pekan : Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Khusus Hari Jumat : Pukul. 08.00 - 14.30 WIB

Libur Hari Senin

Tiket Masuk Museum Sonobudoyo :

Tiket masuk Rp 3.000,-/orang

Mau tahu detail Museum Sonobudoyo Yuk tekan Play video di bawah ini


3. Museum Affandi


Museum Affandi terletak di daerah Caturtunggal, Depok, Sleman. yang dibangun untuk menghormati seorang Maestro Lukis Indonesia, Affandi.

Museum ini sebelumnya adalah kediaman pribadi ini memiliki lebih dari 300 lukisan hasil karya pelukis Affandi. Selain 300 karya lukisan Affandi, museum ini juga menyimpan koleksi lukisan pelukis lainnya seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, dan Muchtar Apin. Kamu juga bisa melihat patung karya Amrus Natalsya, dan cukil kayu poles karya keluarga Tjokot di sini.

Jam Buka Museum :

Setiap hari: Pukul 09.00 - 16.00 WIB

Libur saat libur nasional, hari Minggu di minggu pertama bulan berjalan

Tiket Masuk Museum Affandi :

Tiket masuk Rp 50.000,-/orang sudah termasuk miuman dan souvenir.

Mau tahu detail Museum Affandi Yuk tekan Play video di bawah ini!


4. Museum Merapi


Museum Merapi atau Museum Gunung Merapi (MGM) berfungsi sebagai sarana pendidikan, penyebarluasan informasi aspek kegunungapian dan kebencanaan geologi untuk masyarakat luas.

Tak hanya memberikan wawasan ilmiah, museum di Yogyakarta ini juga mengedukasi masyarakat dari segi sosial-budaya berkaitan dengan gunung api tersebut. Museum ini diresmikan pada tahun 2009 dan terletak di Dusun Banteng, Desa Harjobinangun.

Jam Buka Museum :

Selasa – Minggu : Pukul 08.00 - 15.30 WIB

Libur hari Senin

Tiket Masuk Museum Merapi :

Tiket masuk Rp 3.000,-

Tambahan Rp 5.000, jika menonton film pendek Mahaguru Merapi.

Mau tahu detail Museum Merapi Yuk tekan Play video di bawah ini!


5. Museum Ullen Sentalu



Museum Ullen Sentalu merupakan museum swasta yang kehadirannya diprakasai oleh keluarga Haryono dan berada di bawah payung Yayasan Ulating Blencong. Museum ini mulai dirintis pada tahun 1994 dan diresmikan tanggal 1 Maret 1997 oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam VIII. ULLEN SENTALU adalah akronim dari kata "Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku" (Pelita Kehidupan Umat Manusia). Ullen Sentalu menghadirkan warisan-warisan budaya yang bersifat "Intangible" yang diwujudkan melalui karya-karya fine arts untuk dikomunikasikan secara "tangible". Museum ini memiliki konsep "Jendela" yang mengungkapkan proses peradaban zaman. Museum ini terletak di Dusun Boyong, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu berlokasi di daerah Pakem, Kaliurang, Museum ini menampilkan budaya dan kehidupan bangsawan Dinasti Mataram yang terdiri dari Kasunan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaraan, dan Kadipaten Pakualaman. Museum ini memiliki koleksi bermacam-macam batik baik yang bergaya Yogyakarta maupun Surakarta.

Terdapat berbagai koleksi peninggalan bersejarah seperti lukisan, alat musik tradisional, kumpulan foto, arsip, dan lain sebagainya.

Jam Buka Museum :

Selasa – Jumat: Pukul 08.30 - 16.00 WIB

Sabtu – Minggu: Pukul 08.30 – 17.00 WIB

Libur hari Senin

Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu:

Tiket masuk dewasa, Rp 30.000,-

Anak-anak, Rp 15.000,-

Mau tahu detail Museum Ullen Sentalu Yuk tekan Play video di bawah ini!


6. Museum Benteng Vredeburg


Museum banteng Vredeburg sebelumnya merupakan sebuah benteng pada masa penjajahan Belanda. Setelah masa kemerdekaan, bangunan ini beralihfungsi menjadi museum yang mengabadikan sejarah Indonesia lewat koleksi diorama-nya. Tak hanya diorama, Benteng Vredeburg juga menampilkan koleksi foto, seragam serta berbagai peninggalan pahlawan serta penjajah.

Jam Buka Museum :

Selasa – Kamis: Pukul 07.30 - 16.00 WIB

Jumat: Pukul 07.30 – 16.30 WIB

Sabtu – Minggu: Pukul 07.30 – 16.00 WIB

Libur hari Senin

Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg:

Tiket masuk dewasa, Rp 2.000,-

Anak-anak, Rp 1.000,-

Mau tahu detail Museum Benteng Vredeburg Yuk tekan Play video di bawah ini!


7. Monumen Jogja Kembali (Monjali)



Yogyakarta pernah menjadi Ibu Kota Republik Indonesia dalam kurun waktu 1946 - 1949. Yogyakarta juga menjadi Kota Revolusi yang penuh dengan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dan pengakuan kedaulatan.

Beragam peristiwa sejarah perjuangan dapat anda lihat di Museum Monumen Yogya Kembali. 

Museum merepresentasikan kembalinya Ibu Kota Yogyakarta ke pangkuan Republik Indonesia dan sebagai tanda berakhirnya kekuasaan kolonial Belanda. Terletak pada sumbu imajiner Yogyakarta yaitu, Gunung Merapi - Tugu Pal Putih - Kraton - Panggung Krapyak - Laut Selatan. Di museum dapat disaksikan diorama dan beragam koleksi yang mengisahkan perjuangan Bangsa Indonesia dalam menghadapi Belanda.

Monumen Jogja Kembali atau Monjali menampilkan koleksi replika pakaian militer tentara, pakaian tentara, polisi istimewa, gerilyawan, tentara pelajar, heiho; berbagai jenis senjata api hasil rampasan yang diperoleh dari serdadu belanda, diorama Soeharto merencanakan taktik penyerangan Serangan Umum 1 Maret, dan Tandu Jenderal Soedirman yang dipakai ketika bergerilya melawan Belanda di Yogya, Madiun, sampai Kediri.

Jam Buka Museum :

Selasa – Minggu: Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Libur hari Senin

Tiket Masuk Museum Monjali:

Tiket masuk, Rp 10.000,-

Mau tahu detail Museum Monjali Yuk tekan Play video di bawah ini!

8. Museum Jenderal Besar Sudirman

Museum Jenderal besar Sudirman beralamatkan di Jalan Bintaran Wetan 3, Yogyakarta. Museum ini menempati rumah dinas Jenderal sudirman pada masa kemerdekaan indonesia dan digunakan selama 3 tahun. Meskipun demikian, bangunan museum dibangun pada tahun 1890 yang digunakan  sebagai rumah dinas Mr. Wijnchenk, seorang pejabat keuangan Pura Paku Alam VII. Pada masa pendudukan Jepang, gedung ini dikosongkan dan perabotnya disita. Setelah Indonesia merdeka digunakan sebagai Markas Kompi ‘Tukul’ Batalion Letkol Soeharto. Sejak 18 Desember 1945 sampai 19 Desember 1948 difungsikan sebagai kediaman resmi Jenderal Sudirman, setelah dilantik menjadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat.

Pada masa Perang Kemerdekaan menghadapi Agresi Militer Belanda II, gedung ini digunakan sebagai Markas Informatie voor Geheimen Brigade T tentara Belanda. Setelah pengakuan kedaulatan RI tanggal 27 Desember 1949 difungsikan sebagai Markas Komando Militer Kota Yogyakarta. Selanjutnya digunakan sebagai asrama Resimen Infanteri XIII dan Penderita Cacat. Sejak 17 Juni 1968 sampai 30 Agustus 1982 difungsikan sebagai Museum Angkatan Darat.

Peresmian Museum Sasmitaloka Pangsar Jenderal Sudirman dilakukan oleh Kasad Jenderal TNI Poniman pada tanggal 30 Agustus 1982.   Kata sasmita berasal dari bahasa Jawa, yang berarti “pengingat”, “mengenang”, sedangkan loka berarti “tempat”. “Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman” artinya merupakan tempat untuk mengenang pengabdian, pengorbanan dan perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman

Jam Buka Museum :

Senin – Minggu: Pukul 08.00-15.00WIB

Hari Besar Nasioanal tutup


Tiket Masuk Museum Jenderal Besar Sudirman:

Tiket masuk, gratis

Mau tahu detail Museum Jenderal Besar Sudirman Yuk tekan Play video di bawah ini!







Nah sekarang tulislah nama-nama museum yang telah kamu baca!
     Kirimkan Jawabanmu di WAG kelas 12 ya, supaya temanmu tahu bahwa kamu memang hebat!
Museum di Yogyakarta
1. __________________________________

2. __________________________________

3. ___________________________________

4. ____________________________________

5. _____________________________________

6. ______________________________________

7. ______________________________________

8. ________________________________________

Sumber: 
        1. Channel youtube Museum Yogyakarta
        2. https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/wisata-museum-di-yogyakarta-acc/30483
        3. https://tribunjogjawiki.tribunnews.com/2019/12/03/monumen-jogja-kembali?page=all
   

Related

materi 4771657918965552495

Posting Komentar

emo-but-icon

TikTok

Follow us !

Youtube News

Trending

item