PEMBENTUKAN PENGURUS MGMP PJOK ADAPTIF 2022
Untuk mewujudkan peran MGMP dalam pengembangan profesionalisme guru, maka peningkatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) merupakan masalah yang
mendesak untuk dapat direalisasikan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kinerja MGMP, antara lain melalui
berbagai pelatihan instruktur dan guru inti, peningkatan sarana dan prasarana,
dan peningkatan mutu manajemen MGMP. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan
kinerja MGMP secara maksimal dan berarti, sehingga terus perlu didorong untuk
meningkatkan kompetensi seluruh annggotanya
Sesuai dengan standar pengembangan musyawarah guru mata pelajaran setidaknya ada empat faktor yang menyebabkan kinerja MGMP tidak mengalami peningkatan secara merata.
Faktor kedua, penyelenggaraan MGMP yang dilakukan masih belum dapat melepaskan dari sistem birokrasi pemerintah daerah, sehingga menempatkan MGMP sebagai wadah pengembangan profesionalisme guru masih tergantung pada keputusan birokrasi yang mempunyai jalur yang sangat panjang dan kadang-kadang kebijakan yang dikeluarkan tidak sesuai dengan kebutuhan guru setempat. Dengan demikian MGMP kehilangan kemandirian, motivasi dan insiatif untuk mengembangkan dan memajukan lembaganya termasuk peningkatan profesionalisme guru sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan nasional.
Faktor keempat, belum adanya panduan/ petunjuk kegiatan kelompok kerja yang jelas untuk dapat digunakan sebagai acuan bagi guru dan pengurus MGMP dalam melakukan aktivitas musyawarah kerja.
Berdasarkan kenyataan-kenyataan tersebut di atas, tentu saja perlu dilakukan upaya-upaya perbaikan, salah satunya adalah melakukan revitalisasi penyelenggaraan MGMP melalui penyusunan panduan penyelenggaraan MGMP dalam bentuk (1) Buku Standar Pengembangan MGMP dan (2) Buku Standar Operasional Pelaksanaan MGMP. Diharapkan dengan adanya panduan pelaksanaan MGMP ini kegiatan-kegiatan kelompok kerja guru dan musyawarah kerja mata pelajaran dapat lebih terarah dan dapat dijadikan wadah untuk pengembangan profesionalisme guru secara mandiri dan berkelanjutan.
Sejalan dengan berbagai hal di atas Musyawarah Kelompok Kepala Sekolah SLB se-Kabupaten Sleman pada hari Selasa tanggal 1 November 2022 menyelenggarakan pembentukan pengurus baru MGMP Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Adaptif, bertempat di SLB Yapenas Condongcatur. Pengurus ini secara otomatis menggantikan kepengurusan periode tahun 2020 sampai tahun 2022 yang telah berkhir masa jabatanya Januari 2022.
Ada hal baru dalam proses pembentukan kepengurusan MGMP PJOK Adaptif ini dibandingkan dengan periode sebelumnya. Pada poriedo kali ini disusun juga anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.
Adapapun Kepengurusan yang telah berhasil terbentuk yaitu:
SUSUNAN PENGURUS MGMP
PJOK KABUPATEN SLEMAN
PERIODE JANUARI 2023 s.d DESEMBER 2025
Pelindung : Marjani, M.Pd
Penasehat : Sutomo, S.Pd
Pengarah :
Dr. Wiji Suparno, M. Phil, S.Ne
Pembina :
Ngatna, S.Pd.M.Pd
Ketua I :
Lugito Budi Atmojo, S.Pd; Kor
Ketua 2 :
Edwin Rizki Risnanto, S.Or
Sekertaris : 1.Trisna Mulyana,S.Pd
2. Fita Trihandayani, S.Pd.
Bendahara :
1. Sundari, S.Pd
2. Intan Annahar
Pengembangan Sdm : 1. Supardi, S.Pd.
. 2. Subiyat, S.Pd
Pegembangan Prestasi
Bulutangkis : Sudiyo,S,Or
: Maryanto, S.Pd.
Renang :
Pompy Eko Prabowo, S, Pd.
:
Widyasari Khasanah, S.Pd.
Attletik : Hariyatun,
S.Pd.
:
Nurma Nurhayati, S.Pd.
Basket : Pandu Langgeng Wibisono, S.Pd.
:
Pradita Rizky Wirawan, S.Pd.
Tenis Meja : Rinu Subagiyo,
S.Pd
:
Suparlan, S.Pd.
Bocce : Wahyu Sulistiono, S.Pd
:
Nordjajadi, S.Pd.
Sepakbola : Mufti
Abdurahman, S.Pd..
:
Agus Ngadisupono, S.Pd
Humas : Suparmi, S.Pd
: Puthut Setyowibowo, S.Pd.