Wisata Sejarah

 


Indonesia yang membentang ini, memiliki beragam wisata sejarah yang akan mengingatkan kita untuk memajukan bangsa yang kita cintai ini. 

Candi






Amatilah Gambar berikut ini.


Ini adalah candi ________________________



Ini adalah candi ________________________


Apa yang kamu pikirkan dari gambar-gambar tersebut?


1. Mana yang pernah kamu kunjungi?

    Candi Borobudur  

    A. pernah

    B. belum pernah

    
    Candi Prambanan

    A. pernah

    B. belum pernah


2. Berada di daerah mana candi tersebut?

    Borobudur

    A. Jawa Tengah

    B. DIY

    Candi Prambanan

     A. Jawa Tengah

    B. DIY








Bacalah kedua teks di bawah ini.


Candi tersebut dibangun secara bergotong royong dan Bangsa Indonesia sejak dahulu kala selalu bekerjasama dan bahu membahu walau keyakinan mereka berbeda.


Lanjutkan kata tanya di bawah ini, dengan kalimat lengkap. Gunakan kata tanya seperti contoh.


Ayo Teladani

Dahulu kla ada kisah perjuangan para tokoh di masa kerajaan Hindu. Salah satunya adalah Raja Purnawarman. Bagaimanakah perjuangannya sehingga ia dikenal sebagai ‘Panji Segala Raja’ Ayo, kamu cari kebaikan yang dapat diteladani!

Raja Purnawarman, Pnji Segala Raja 

Raja Purnawarman memimpin Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Ia sangat bijaksana dan pemberani.  Pada masa pemerintahannya, ia selalu memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia  membangun berbagai saluran air. Memerintahkan penggalian sungai Gomati dan sungai Candrabaga.  Ia pun memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga  air bisa mengalir ke seluruh  kerajaan.  Para petani senang karena ladang mereka  mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur. 
 

Saluran air tersebut, mempunyai arti ekonomi bagi masyarakat, dan menjadi sarana pencegah banjir serta lalu lintas pelayaran dan perdagangan dengan kerajaan lainnya.  

Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan  Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan barat dan  utara kerajaan. Sehingga kerajaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara hidup aman dan sejahtera. Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan  Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun. 


Atau kalian dapat simak videonya, klik tombol playnya ya


Berdasarkan bacaan di atas, berilah tanda centang (V) pada kolom Ya bila tepat, dan pada kolom Tidak bila tidak sesuai .


Benteng Rotterdam

Ayo Menyanyi





atau kalian trukan audio ini ya


Amatilah syair lagu tersebut!
Apakah lagu tersebut membangkitkan semangat kamu sebagai kaum pemuda?


Bacalah teks di bawah ini dengan baik!

Benteng Rotterdam atau "Tunipallangga Ulaweng", terletak di kota Ujung Pandang. Benteng ini merupakan peninggalan kerajaan Gowa Tallo yang dibangun pada tahun 1545.

Kerajaan Gowa memliki 17 benteng yang melindungi ibu kota Makas- sardan daerah sekitarnya. Pada tahun 1667 semua banteng dikuasai Be- landa dan dihancurkan kecuali Tunipallangga Ulaweng dan oleh Belanda dinamakan Fort Rotterdam.

Sebagian komplek ini dijadikan museum sejarah dan purbakala, yaitu Musium La Galigo. Benteng Rotterdam sekarang lebih dikenal dengan nama banteng Makassar, merupkan peninggalan kekuatan kerajaan masa lalu Sulawesi Selatan.



Sultan Hasanuddin merupakan raja dari Kerajaan 
Islam Gowa-Tallo di Makassar, Sulawesi Selatan. Oleh Belanda, ia dijuluki ‘Ayam Jantan dari Timur’ karena Ia membela kepentingan kerajaannya dan kepentingan rakyatnya dengan gigih dan berani. Ia berusaha menegakkan kedaulatan dan memperluas wilayah kerajaan. Sultan Hasanuddin berusaha menggabungkan kekuatan kerajaan-kerajaan kecil di Indonesia wilayah timur untuk melawan Belanda.

Museum Benteng Vrederberg

Siapa yang pernah berwisata ke Yogyakarta?
Kali ini kita akan belajar tentang perjuangan rakyat Indonesia di Yogyakarta

Setiap liburan, Daerah Istimewa Yogyakarta dipenuhi banyak wisatawan dari berbagai daerah. Kunjungan dari berbagai sekolah pun banyak dilakukan, untuk wisata budaya dan wisata sejarah.


Museum ini, merupakan banteng pertahanan yang didirikan untuk  mengamankan pemerintahan kolonial Belanda. Kini, banteng yang menjadi  bukti sejarah perjuangan bangsa kita di masa lampau, telah berubah fungsi menjadi arena wisata sejarah. Dalam museum, perjuangan rakyat Indonesia digambarkan dalam diorama-diorama yang sangat menarik, menggunakan lampu-lampu yang memperkuat cerita yang ditampilkan dalam  diorama. 

Perjuangan dilakukan tidak hanya oleh tentara, tetapi para petani dan pedagang pun ikut memperjuangkan kemerdekaan RI. 
Tagor teringat, saat liburan akhir tahun, setelah mengunjungi Museum Benteng Vredeberg, Ayah dan ibunya mengajaknya pergi ke kolam renang. Tagor sangat senang berenang, baginya berenang merupakan olah raga yang menyehatkan. Ia menguasai berenang gaya bebas dan gaya dada. 

Museum

Berwisata ke tempat-tempat bersejarah seperti museum membuat kita menyadari perjuangan keras yang dilakukan oleh para pahlawan nasional

Museum Naional Jakarta

Padepokan Taman Sisewa

Museum Perjuangan Yogyakarta

Buatlah pertanyaan sesuai gambar-gambar di atas



1. Siapa  ______________________________________________________ ?


2. Apa  ________________________________________________________?



3. Dimana   ____________________________________________________ ?



4. Apa  ________________________________________________________ ?



5. Bagaimana  __________________________________________________ ?


Pada saat berwisata ke Yogyakarta, Beto sangat tertarik diajak wisata ke Museum Dewantara Kirti. Beto melihat ada tulisan berbahasa Belanda “… Alks i keen Nederlander was” kata ayahnya itu artinya “… Seandainya aku seorang Belanda” lengkapnya seperti di bawah ini:

     
“ ….. Seandainya aku seorang Belanda  (Alks i keen Nederlander was), aku protes peringatan yang akan diadakan itu.  Aku  akan  peringatkan  kawan-kawan  penjajah bahwa sesungguhnya sangat berbahaya pada saat itu mengadakan perayaan peringatan kemerdekaan. 
Aku akan peringatkan semua bangsa Belanda, jangan menyinggung peradaban bangsa Indonesia yang baru bangun dan menjadi berani. Sesungguhnya aku akan protes sekeras-kerasnya…  “ 

Bacalah dalam hati teks di bawah ini!


Musium Dewantara Kirti

Berkunjung ke Musium Dewantara Kirti membuat kita melihat Perjuangan tokoh Pahlawan Pergerakan Nasional Indonesia R.M Suwardi Suryaningrat atau terkenal dengan sebutan Ki Hajar Dewantara dan para pejuang lainnya. 
Ki Hajar merupakan tokoh pendidikan Indonesia. Dalam museum terdapat  koleksi peninggalan barang-barang yang dipakai oleh Ki Hajar Dewantara beserta keluarga.

Ia berjuang bersama rekan-rekannya dalam organisasi Indische Partij. Kegigihannya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia membuat dia dan teman-temannya dihukum diasingkan ke Belanda. Sekembalinya dari pengasingan Suwardi Suryaningrat terjun dalam dunia pendidikan, dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara, mendirikan perguruan Taman Siswa. E.F.E Douwes Dekker juga mengabdikan diri dalam dunia pendidikan dan mendirikan yayasan pendidikan Ksatrian Institute di Sukabumi pada tahun 1940.
Ia pun bersama dengan Ir. Sukarno, Drs. Moh Hatta,dan KH. Mas Mansur membentuk Pusat Tenaga Rakyat (Putera). Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh berjasa dalam pendidikan.


Soal Evaluasi Sub Tema Tempat wisata dan jangan lupa hasilnya kirim di WAG kelasmu ya!

1. Sebutkan 2 sikap yang pantas diteladani dari tokoh Raja Purnawarman!

    Jawab :


    1) ________________________________


    2) ________________________________


2. Sebutkan 2 kewajibanmu ketika berada di museum!


    Jawab :


    1) ________________________________


    2) ________________________________



3. Sebutkan 2 manfaat mengunjungi museum!


    
    Jawab :


    1) ________________________________


    2) ________________________________



4. Bagimana cara menghemat listrik?

    Jawab :


    1) ________________________________


    2) ________________________________



5. Sebutkan 2 hak yang dapatkan saat berada di candi?


    Jawab :


    1) ________________________________


    2) ________________________________
    

6. Sebutkan 2 manfaat berwisata ke museum!


    

    Jawab :


    1) ________________________________


    2) ________________________________



Jangan lupa ya jaga selalu 5 M

1. Mencuci tangan dengan sabu

    2. Menjaga jarak

        3. Memakai masker

            4. Menjauhi kerumunan

                5. Mengurangi mobilitas atau lalu lalng

sumber : Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, kelas 11 Tunagrahita Tema 8


Related

materi 298858097263259234

Posting Komentar

emo-but-icon

TikTok

Follow us !

Youtube News

Trending

item