Hati-hati Ya, RPP ini Bisa Membuat Murid Mahir
Satuan Pendidikan : SLB Ganda Daya Ananda
Mata Pelajaran : Keterampilan Souvenir
Kelas/ Semester : _________
Materi Pokok :
Membuat Gelang Kobra
A. Kompetensi Inti (KI)
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar,
dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kemandirian pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian
dari keluarga, sekolah dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional
4.
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kemandirian
B. Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi
No |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
3.3 3.4 |
Kompetensi
Pengetahuan Menerapkan contoh bentuk-bentuk kemasan sederhana
untuk souvenir pesta Menerapkan cara pengemasan
sederhana produk souvenir pesta |
1. Mengidentifikasi
alat-alat yang digunakan untuk membuat aksesoris
gelang dari benang kur. 2. Mengidentifikasi bahan
yang digunakan untuk membuat aksesoris
gelang dari benang kur. 3. Mengidentifikasi alat
yang digunakan untuk mengemas produk gelang
untuk dipasarkan. 4. Mengidentifikasi bahan
yang digunakan untuk mengemas produk gelang
untuk dipasarkan. |
4.3 4.4 |
Kompetensi Keterampilan Membuat bentuk-bentuk
kemasan sederhana untuk souvenir pesta sesuai dengan contoh
Melakukan pengemasan
sederhana produk souvenir pesta, |
1. Mendemonstrasikan pembuatan gelang dari benang kur sesuai
dengan contoh 2.
Melakukan finishing produk gelang dari benang kur. 3. Mendemonstrasikan mengemas produk gelang dari benang kur. 4. Memamerkan produk
gelang dari benang kur |
C. Tujuan Pembelajaran.
1.
Melalui tanggung jawab, usaha kerja keras dan
mandiri diharapkan peserta didik dapat mengidentifikasi alat-alat yang digunakan untuk membuat aksesoris gelang dari benang kur setelah
melakukan pengamatan.
2.
Melalui tanggung jawab, usaha kerja keras dan
mandiri diharapkan peserta didik dapat Mengidentifikasi
bahan yang digunakan untuk membuat aksesoris gelang dari
benang kur
3.
Melalui tanggung jawab, usaha kerja keras dan
mandiri diharapkan peserta didik dapat mendemonstrasikan cara mengemas produk gelang dari benang kur setelah menirukan demonstrasi guru
4.
Melalui tanggung jawab, usaha kerja keras dan
mandiri diharapkan peserta didik dapat memamerkan produk gelang dari
benang kur setelah menirukan demonstrasi guru.
D. Materi Pembelajaran
Membuat gelang kobra
1.
Alat dan
materi:
1.
tali kur,
2.
gunting,
3.
lilin,
4.
korek api
5.
meteran
6.
kunci sodok
7.
plastik kemasan
8.
label produk
9.
steples
2.
Langkah-langkah
membuat gelang
1.
Menyiapkan peralatan (gunting,
lilin,
korek api, meteran, steples, yupegel)
2.
Menyiapkan bahan (tali/benang kur, kunci sodok 1 cm)
3. Mengukur tali yang akan
dibuat gelang, 2 tali kur beda warna 80 cm dan 1 tali panjangnya 40 cm
4.
Memotong tali kur yang telah diukur
sebagaimana di atas
5. Menyambung 2 tali kur yang berbeda warna
menjadi satu menggunakan api (dibakar dan disambung)
6. Tali kur terakhir dengan panjang 40 cm
ujung-ujungnya dibakar kemudian
disambung ujung yang satu dengan ujung lainnya.
7. Memasangkan kunci sodok pada benang
’yang telah disambung pada no 6
8. Sebelum ditarik kencang masukkan benang
dua warna ke dalam lipatan pemasangan kunci sodok dengan ketentuan sambungan
warna berada pada tengah-tengah di belakang tali kur yang tersambung kunci
sodok.
9. Bentangkan tali kur yang sudah di
pasangi kunci sodok pada media yupegel dengan cara memasangkan kunci sodok tali
kur dengan kunci sodok pada media yupegel (bisa tanpa alat)
10. Buatlah simpul rajutan, lalu simpul
serupa agar seluruh tali bagian tengah tertutup hingga ke ujung satunya.
11.
Kuatkan setiap simpul supaya tidak
longgar dan rapi.
12.
Potong ujung tali dan bakar ujungnya
dengan korek. Kamu juga bisa memakai pisau atau alat dari bahan besi lainnya
untuk memanaskan ujung tali yang sudah dipotong.
13.
Siapkan plastic pembungkus kemasan dan
kertas label
14. Masukkan gelang yang sudah kadi ke
dalam plastic kemasan, kemudian lubang plastic tutup dengan kertas label, baru
di steples.
15.
Gelang siap dipasarkan
16.
Ajak siswa memasarkan di tempat umum
Sahabat guru merdeka lebih jelasnya simak videonya di link bawah postingan ini
E. Metode Pembelajaran
Penugasan, tanya jawab, demonstrasi, proyek,
F. Media Pembelajaran
1.
video
2.
gambar
3.
yupegel
G. Sumber belajar
Video membuat gelang
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
TAHAP
PEMBELAJARAN |
KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
ALOKASI
WAKTU |
A.
Kegiatan
Pendahuluan |
||
Pendahuluan |
1. Guru mengucapkan salam; 2.
Peserta
didik berdoa dengan dipimpin oleh salah satu peserta didik 3.
Peserta
didik menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya; 4.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik; 5.
Guru
menyampaikan materi yang harus dikuasai peserta didik |
5 |
Apersepsi |
1.
Peserta
didik dengan bimbingan guru mengingatkan kembali materi sebelumnya |
|
Motivasi |
1.
Guru
menyampaikan manfaat menguasai materi pembelajaran |
|
B. B. Kegiatan Inti |
||
Orientasi |
1.
Guru bertanya tentang pemahaman peserta didik tentang penguasaan
membuat gelang dari tali kur 2.
Peserta
didik memperhatikan video contoh-contoh gelang
dari tali kur |
|
Presentasi |
1. Peserta didik memperhatikan
alat-alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat gelang kobra 2. Peserta didik memperhatikan penjelasan
guru tentang alat-alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat gelang kobra 3. Peserta didik menunjukkan sambil menyebutkan
jenis-jenis alat dan bahan untuk membuat
gelang kobra 4. Peserta didik mmenyiapkan bahan dan alat untuk membuat gelang dari tali kur |
|
Latihan terstruktur |
1. Peserta didik bersama-sama guru
memperhatikan
video demonstrasi cara
membuat gelang kobra dari tali kur 2. Guru membagikan lembar
kerja peserta didik tentang gambar alat-alat yang
digunakan untuk membuat gelang kobra, kemudian guru meminta peserta
didik untuk mengerjakannya. 3.
Peserta
didik bersama-sama guru melakukan demonstrasi membuat gelang kobra dari tali kur |
|
Latihan terbimbing |
1. Peserta
didik menirukan
demonstrasi guru cara membuat gelang kobra dari tali kur tahap demi tahap 2. Peserta
didik menirukan demonstrasi
yang
dilakukan guru cara mengunci tali kur terakhir setelah selesai membuat
gelang. 3. Peserta
didik menirukan demonstrasi
yang
dilakukan guru cara mengemas gelang kobra yang telah selesai dibuat agar layak dipasarkan. |
|
Latihan mandiri |
1. Peserta
didik melakukan
latihan membuat gelang kobra dari tali kur secara mandiri 2.
Peserta didik mengemas gelang kobra yang telah
selesai dibuat agar dapat dipasarkan |
|
C. C. Kegiatan
Penutup 1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran 2.
Peserta
didik melakukan refleksi terhadap proses kegiatan pembelajaran hari ini
dengan arahan guru; 3.
Peserta
didik mendapat umpan balik dengan mengutarakan kesan-kesanya selama
pembelajaran. 4.
Peserta
didik mendapat informasi rencana
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; 5.
Peserta
didik mendapat penguatan pendidikan karakter dari guru; |
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
1) Sikap
a)
Teknik
Penilaian : Observasi
b)
Bentuk
Penilaian : Unjuk kerja
c)
Instrumen
penilaian : Jurnal (terlampir)
2) Keterampilan
a)
Tenik/
bentuk peniaian : Perbuatan
b)
Intrumen
penilaian : Terlampir
3) Pengetahuan
a)
Jenis/Teknis
tes : lisan
b)
Bentuk
tes : jawab singkat
Lembar Kerja Siswa